Masuk

Ingat Saya

Pemuda: Ingatan Masa Lalu Sebagai Peluang Yang Akan Datang

#DamaiDalamSumpahPemuda - Menembus Batas

#DamaiDalamSumpahPemuda – Menembus Batas

Selama ratusan tahun Negara Indonesia tertindas oleh kekuasaan kolonialis. Selama itu pula Indonesia berjuang keras untuk merdeka dari ketertindasan, sehingga terdapat kolompok pemuda yang kemudian menembus batas kekuasaan dengan penuh semangat. Sejarah yang penuh makna, sejarah yang memiliki cerita tentang semangat kemerdekaan, sejarah yang kemudian dikenal dengan titik lahirnya kemerdekaan, Sumpah Pemuda 28 Oktober 1928. Sumpah Pemuda yang diperingati setiap tanggal 28 Oktober, kian termakan oleh waktu. Perubahan yang mengarah pada revolusi mental akibat buruknya citra pemuda di Indonesia. Indikatornya adalah banyaknya prilaku menyimpang di berbagai media yang dilakukan oleh pemuda seperti tawuran, seks bebas, narkoba, dan masih banyak lagi. Padahal, para pemuda pada dasarnya memiliki kekuatan pendorong perubahan sosial.

Ditengah permasalahannya, pemuda kini mendapatkan intervensi dari kelompok yang mencari generasi penerus. Kelompok tersebut disebut terorisme, dimana mereka mencari penerus untuk melanjutkan misinya. Terorisme merupakan kelompok radikal yang melakukan ancaman atau kekerasan untuk mencapai tujuan tertentu yang sifatnya membuat ketakutan di lingkungan sekitar. Karena adanya tekanan dari mereka, pemuda kini harus lebih berhati-hati lagi. Umumnya, pemuda selalu mencari atau mengikuti kegiatan-kegiatan yang menarik minat mereka. Tak jarang, taktik inilah yang digunakan teroris untuk mencari generasi. Perlahan mereka memperlakukannya dengan baik hingga pemuda terkesan dengan kelompok tersebut.

Pada tahun 2045, Indonesia akan merayakan kemerdekaannya yang ke-seratus. Kondisi Indonesia di usia yang ke seratus sepenuhnya berada di tangan pemuda. Bisa dibayangkan apabila ketika pemuda perlahan masuk dalam kelompok radikal tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa Indonesia tidak sempat merayakan tahun emasnya. Peran pemuda dalam mempertahankan kekuatan perubahan sosialnya sangat diharapkan karena pemuda adalah tumpuan Negara Indonesia. Selain itu, pemuda harusnya jangan hanya berdiam diri saja melainkan harus melawan atau bergerak menembus batas lagi seperti halnya pada tahun-tahun sebelumnya. Bangsa Indonesia yakin bahwa pemuda memiliki itu semua. Hal tersebut tercatat dalam sejarah seperti pada sejarah saat penggulingan rejim Orde Baru dan memperjuangkan reformasi tahun 1998.

Tekanan inilah yang sebaiknya dijadikan peluang. Sebab jika mereka hanya terkungkung dalam intervensi terorisme dan sudah banyak pemuda masuk dalam kelompok tersebut, maka kehancuran sudah di depan mata. Disisi lain, dari sudut pandang demografi bahwa pada tahun 2045, jumlah penduduk Indonesia akan didominasi oleh penduduk usia produktif. Saat dimana usia muda lebih banyak dibandingkan usia penduduk anak-anak dan orang tua. Apabila pemuda mempersiapkannya mulai dari awal, bukan tidak mungkin permsalahan dan tekanan mereka akan dapat dibendung, terlebih jika semangat itu berkobar hingga tahun 2045.

#DamaiDalamSumpahPemuda - Menembus Batas

 

Apa yang harus dilakukan ?

Solusi untuk mengatasi permasalahan ini jawabannya terletak pada peran pemuda. Apapun konsep yang diberikan, jika tidak diimbangi dengn niat oleh pemuda tidak akan menghasilkan apa-apa. Oleh karena itu, niatlah yang menjadi kuncinya. Ketika sudah berniat, maka langkah selanjutnya adalah mempersiapkan segala hal untuk mencapai tujuan kita. Lakukanlah dengan cara berdiskusi dengan teman, ikut kegiatan organisasi, membaca buku, dan masih banyak lagi. Selain  cara tersebut, masih banyak cara yang harusnya dilakukan oleh pemuda, antara lain sebagai berikut:

  1. Menambah pengetahun dalam mempermatang ilmu yang sudah diperoleh untuk masa depan. Selain itu, pemuda diwajibkan menguasai ilmu informatika dan pandai berbahasa inggris karena kedua ilmu tersebut merupakan ilmu penting dalam persaingan kapabilitas diri di dunia.
  2. Berperan aktif, menciptakan, menularkan lingkungan yang damai baik di lingkungan organisasi, pendidikan, dan keluarga. Mulai dari berperan aktif kemudian menciptakan dan ketika indikator sudah tercapat, maka tularkanlah semuanya.
  3. Mendampingi pemuda yang masih ingn mencari jati dirinya. Kemudian jadikanlah pemuda itu sebagai korban akan virus damai yang sebelumnya sudah kita jalankan.

 

Solusi Teknis – (MENULIS JEJAK)

#DamaiDalamSumpahPemuda - Menembus Batas

Menulis Jejak merupakan aktivitas menulis jejak kehidupan. Kegiatan menulis merupakan kegiatan yang umum dilakukan oleh setiap kalangan. Menulis dilakukan untuk mengingat kembali hasil diskusi atau pengetahuan yang sebelumnya kita dapatkan. Menulis membuat kita dapat bertahan dari kehidupan, walaupun kita sudah tidak ada lagi. Untuk solusi teknis, menulis jejak seharusnya dilakukan oleh pemuda, dimana pemuda menuliskan semua cita-cita mereka di dalam selembar kertas. Adapun isian dalam kertas tersebut mencakup tujuan hidup, hal yang dilakukan untuk menggapainya, hasil, dan keterangan. Beberapa orang percaya bahwa kekuatan menulis itu ada, karena dengan kita menuliskannya, maka terdapat sistem tarik menarik. Kita juga dapat mengetahui apa-apa yang kita lakukan untuk menggapai cita-cita kita.

Peran pemuda dalam mencegah terorisme dapat dilakukan dengan banya cara. Melakukan aktivitas yang positif adalah salah satu caranya. Hanya dengan itu kita dapat mencegahnya. Memaksimalkan peluang ini, dimana pemuda memiliki kekuatan perubahan sosial, kunci kesuksesan negara, segi demografinya ketika tahun 2045. Terjun dan bergerak menembus batas dalam mencegah terorisme. Kami yakin kekuatan pemuda itu ada dan kami berharap pemuda dapat membuat negeri ini damai. Ingat !!! peringatan hari sumpah pemuda tersisa beberapa hari lagi. Apakah kita punya acara untuk merayakannya selain berbuat baik untuk negeri ini?. Memilih diam atau bergerak menjadi aktor adalah jawabannya di tangan kalian. Kini, bukan lagi kita tertindas oleh kekuasaan kolonialis, tetapi tertindas karena perbuatan negeri ini sendiri. Dulu, siapa yang dapat merubahnya selain pemuda, maka mulai dari sekarang kita bergerak melawan.

#DamaiDalamSumpahPemuda

alimka
Dengan